Berita dan Fakta Seputar Serpong


Berita Asli - Serpong adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia. Sebelum Kota Tangerang Selatan menjadi kota otonom, Serpong merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Tangerang.

Di kecamatan ini terletak kota terencana ternama yang bernama Bumi Serpong Damai atau seringkali disingkat dengan "BSD" (kini disebut sebagai BSD City, yang merupakan salah satu perintis perumahan di Serpong. Selain BSD saat ini perkembangan perumahan di kawasan ini sangat pesat seiring dioperasikannya jalan Tol Antasari - BSD.

Kelurahan:
Buaran
Ciater
Cilenggang
Lengkong Gudang
Lengkong Gudang Timur
Lengkong Wetan
Rawa Buntu
Rawa Mekar Jaya
Serpong

Walaupun memuat kata 'City', tetapi secara pemerintahan BSD City bukanlah sebuah kota, karena kotanya adalah Tangerang Selatan (TangSel).

Selain BSD City, ada banyak sekali kompleks properti lain di TangSel antara lain Villa Melati Mas, Alam Sutera, Pamulang Permai, Vila Pamulang, Graha Raya, Vila Mutiara, dan Ciputat Baru.

Selain Serpong, kecamatan lain yg masuk dalam TangSel adalah Serpong Utara,  Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren dan Setu. Dalam Kecamatan Serpong ada 9 Kelurahan/Desa, dan salah satunya bernama Kelurahan Serpong. Aneh ya?

Kelurahan yang ada dalam Kecamatan Serpong adalah Buaran, Ciater, Rawa Mekar Jaya, Rawa Buntu,  Serpong, Cilenggang, Lengkong Gudang, Lengkong Gudang Timur, dan Lengkong Wetan.

TangSel berbatasan dengan Kota Tangerang (utara), Provinsi DKI Jakarta (timur), Kota Depok & Kab.Bogor (selatan) serta Kab. Tangerang (barat).


BSD vs Serpong

Penyebutan BSD dan SERPONG sering tertukar2, baik oleh warga maupun pemerintah sendiri. Penyebutan keliru yang sering terjadi antara lain:
  • - "Polsek BSD", seharusnya Polsek Serpong
  • - "Samsat BSD", seharusnya Samsat Serpong
  • - "WTC BSD", seharusnya, "WTC Matahari, Serpong Utara"
  • - "Alam Sutera, Serpong", seharusnya "Alam Sutera, Serpong Utara"

SERPONG adalah nama Kelurahan dan sekaligus juga Kecamatan di kota Tangerang  Selatan (TangSel). BSD CITY adalah proyek properti SinarmasLand yg dikelola PT Bumi Serpong Damai Tbk.

Dulu memang benar, seluruh wilayah Bumi Serpong Damai ada di Kecamatan Serpong. Tapi  sekarang, BSD City bukan hanya di dalam Kecamatan Serpong, dan di dalam kecamatan Serpong jelas bukan hanya ada BSD City.

@FiqiAulia: btul! dulu BSD yg pegang Ciputra,skrg pindah k sinarmasland. ada yg  bilang makanya ganti lambang dr yg hijau ke yang skrg biru+orange

@SatyaWijaya92: batas wilayah tangsel sm kabupaten itu sungai cisadane kan min?  BSD Green office park msk kab/tangsel?
Admin: Betul, masuk Kabupaten Tangerang.

@p_priyambodo: BSD dikembangkan ke arah barat (sebrang sungai cisadane) sampai kec. cisauk dan kab tangerang.
Admin: Betul, Cisauk merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tangerang.

@wediiw: Cisauk masuk BSD juga gak min? kan ada Perumahan Bale Tirtawana tuh yg pisah sendiri dr BSD.
Admin: bukan masuk BSD City.
@FiqiAulia: BaleTirtawana bukan bagian dari BSD, tapi masih proyek dari sinarmasland. Advertising + pembelian gabung di kantor pemasaran BSDcity.

@SatyaWijaya92: Kec. Pagedangan juga ada BSD city. Foresta, green cove, SGU :D
Admin: Betul, apalagi nanti dengan pengembangan selanjutnya...

@PYuds: Desa a.k.a kel. sampora kec. cisauk adalah lokasi dr the icon. Masih ada sebagian warga asli yg bertahan,tp smp kapan ya min?


NAMA PROYEK PROPERTI

Nah ada yg singgung/tanya tentang Gading Serpong (GS) yg kini mencakup Summarecon Serpong  dan Paramount Serpong. Seblm dijawab, admin cerita sedikit..
Pada dasarnya developer itu adalah pengusaha, yang pastinya mencari cara agar proyeknya laku. Salah satunya yang mendukung hal tersebut adalah soal penamaan (branding). Jadi, kalau nama asal lokasi kurang mendukung sebagai merk/nama yg "menjual",  developer suka mencari nama daerah sekitar yg "beda dikit lah" :)

Tadi ada yg tanya Serpong Garden, nah sebagai info, lokasinya di Cisauk, bukan di  Serpong... Mengapa pakai nama Serpong? Baca paragraf seblmnya :) Selain itu ada Metro Serpong, Serpong City Paradise, Serpong Terrace, Graha Bintaro, dan masih banyak lagi.

Tanpa bermaksud menjelekkan, sebagian besar Gading Serpong sebenarnya tidak masuk dalam Kecamatan  Serpong. Bahkan tidak masuk kota Tangsel, masuknya Kabupaten Tangerang. Daerah asal sektor2 awal Gading Serpong bernama Pakulonan, tepatnya kelurahan Pakulonan Barat (dulu masih Desa Pakulonan Barat). Tapi kalau dinamai "Gading Pakulonan" kayaknya gimana gitu kan...
 :)

Lippo Village dulu dinamai Lippo Karawaci, padahal kawasan utamanya bukan di Karawaci. Siapa yg tahu nama daerah yg skrg jadi Supermal?
Jawabnya: Bencongan :) Bayangin "Dijual Rumah Mewah 3,5M di L*ppo Bencongan...."
Gak banget kan?

Nah, jadi sudah maklum kan kalau developer2 mengambil nama daerah sekitar yang dirasa lebih "menjual".. tapi jangan bikin kita jadi #SalahKaprah lagi... :)
@angelaindo: kalau alam sutera gimana min?
Admin: Oh iya, sering disebut sebagai Serpong padahal seharusnya (Kec.) Serpong Utara, tapi masih mendingan kan :)

Admin pernah mendapatkan laporan Lalin, begini "Tol Serpong - Kebon Jeruk padat di km.7 ada kecelakaan". Nah ini juga akibat #SalahKaprah tadi...  Jasa Marga pun ikut menyebabkan #SalahKaprah krn di exit tol Jkt-Tgr di Alam Sutera &  Kebon Nanas ditulis "Serpong". Memang benar bahwa maksudnya adalah "kalau mau ke Serpong, keluar tol di sini...", tapi orang yang belum mengerti Serpong otomatis berasumsi bahwa Alam Sutera dan Gading Serpong itulah Serpong, apalagi jalan utama di sana bernama "Jalan Raya Serpong".


JL. RAYA SERPONG

Tahu gak tweeps bahwa Jl. Raya Serpong terdiri dari dua ruas? Ini  juga suka membingungkan.
Ruas pertama yg sangat ramai dari depan pabrik Tifico s/d Melati Mas. Ruas kedua Jl. Raya Serpong adalah dari sekitar pertigaan Cisauk s/d pertigaan Tekno/Batan. Disinilah ada Pasar Serpong dan kantor Kecamatan Serpong.

Admin pernah dengar ada warga yg menelusuri Jl. Raya Serpong dari sekitar BSD sampai sekitar Kebon Nanas untuk  mencari kantor kecamatan Serpong tapi tidak berhasil , karena dia bermodalkan alamat dimana tertulis di Jl. Raya Serpong... kasihan sekali kan?



JL. LETNAN SUTOPO

Satu lagi nih yang #SalahKaprah : penyebutan nama jalan di depan GiriLoka/TamanKota1 s/d Pasar Modern. Ada yg tahu apa namanya yg benar?

Jawabnya: Jl. Letnan Sutopo, tapi banyak sekali yg menuliskan Jl. Letjen Sutopo.  Keduanya memang adalah nama pahlawan, tapi mereka adalah dua tokoh yang berbeda, dan yang berkaitan dengan Serpong berpangkat Letnan. Maklum di DKI Jakarta banyak nama jalan menggunakan nama pahlawan yang berpangkat BrigJen, LetJen, MayJen, dan Jenderal, sehingga orang yang kurang mengerti cenderung langsung mengasumsikan bahwa kalau nama pahlawan terkenal pasti pangkatnya diantara empat pangkat tertinggi tersebut.

Kesalahan yang satu ini banyak sekali ditemukan, pada direktori alamat, daftar restoran /  tempat usaha, bahkan dulu di Google Maps pun sempat tertulis "Jl. Letjen Sutopo". Syukurlah kini di Google Maps sudah diperbaiki.

Sumber:  @BumiSerpong

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita dan Fakta Seputar Serpong"

Posting Komentar