L-Root server ICANN di Yogyakarta

Berita Asli - Setelah beberapa waktu yang lalu ICANN, pengelola L-Root Server dunia, bekerjasama dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengaktifkan L-Root server di Jakarta,  melalui akun Twitternya (@ICANNdnsEng) mengumumkan bahwa mereka mengaktifkan satu lagi L-Root server, yang berlokasi di PT Jembatan Citra Nusantara (Citra.net), Yogyakarta.
Hal itu pun dibenarkan oleh bos Citra.net, Valens Riyadi. Menurutnya, root server tersebut merupakan pertama di Indonesia yang berlokasi di luar Jakarta, dan terhubung langsung via kabel fiber optik ke IIX Yogyakarta.
"Ini pertama kalinya kita punya root server di luar Jakarta. Saya beranggapan bahwa root server perlu ada juga di kota lain di luar Jakarta. Karena kan internet harusnya tidak tersentralisasi. Tapi terdistribusi, sehingga pengguna di Yogya jika membutuhkan akses ke root server tidak perlu sampai ke server di luar Yogya. Meskipun mungkin di sisi user tidak terlalu terasa, tapi secara teknis pasti ada peningkatan kecepatan akses," ujarnya.
Valen mengakui jika butuh waktu sekitar dua hingga tiga bulan meluluhkan ICANN untuk menaruh root servernya di Yogyakarta.
"Tapi, kalau ngobrol awalnya sudah semenjak akhir tahun lalu. Tepatnya itu, waktu acara bareng ICANN di Jakarta," kata Valen.
Sebagaimana diketahui, root server merupakan sistem yang dikelola beberapa entitas internet internasional, yang merupakan tulang punggung utama sistem DNS di internet. DNS memungkinkan kita berinternet berbasiskan penamaan (domain), dan kemudian secara teknis diterjemahkan menjadi nomor IP.
Ada beberapa pengelola Root Server di dunia dari A hingga M. Tiap pengelola memiliki puluhan hingga ratusan server yang tersebar di dunia.
Hingga saat ini di Indonesia telah ada I-Root di Napinfo (Jakarta), F-Root server di CBN (Jakarta), dan juga L-Root server di Pandi (Jakarta). F-Root dan I-Root yang sudah ada tersebut dalam pengelolaan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
Kehadiran L-Root server ini diapresiasi oleh Ketua Umum APJII, Jamalul Izza. Menurutnya, dengan adanya root server ini akan berperan sangat vital untuk berjalannya internet di Indonesia. Selain itu, dengan makin banyaknya Root Server di Indonesia, akses internet juga akan semakin cepat, karena proses translasi domain tidak lagi harus dilayani oleh server root di luar negeri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "L-Root server ICANN di Yogyakarta"

Posting Komentar