Punya wajah tampan ternyata bisa hambat karir pria


Berita asli - Memiliki wajah tampan memang sebuah berkah bagi seorang pria. Penampilan fisik yang dimilikinya tersebut dapat membuat wanita jadi tertarik dan tidak dapat memalingkan matanya. Tetapi ternyata di dunia pekerjaan, hal ini justru dapat menghambat karir pria tersebut.


Dilansir dari Askmen, hasil penelitian tersebut didapat dari percobaan yang dilakukan oleh London Business School dan the University of Maryland. Dari percobaan tersebut diketahui bahwa penampilan yang tampan justru dapat membuat karir seorang pria menjadi terhambat. Hal ini terutama terjadi jika pria tampan tersebut memiliki seorang atasan yang berjenis kelamin pria juga.

Penelitian dilakukan melalui empat percobaan terhadap lebih dari 800 partisipan. Partisipan pada penelitian tersebut diberi sebuah skenario dan situasi berdasarkan sebuah tempat kerja. Mereka diminta untuk merekrut beberapa kandidat pegawai berdasarkan CV yang diberikan. Beberapa CV dari kandidat tersebut memiliki foto yang memperlihatkan ketampanan dari wajah mereka.

Salah satu temuan dari percobaan tersebut adalah bahwa pria cenderung tidak mau untuk mempromosikan pria lain dengan penampilan yang lebih menarik dibanding dirinya. Selain itu dalam mengajak atau mempertimbangkan pria lain bekerja dengan dirinya, seseorang cenderung untuk menilainya berdasarkan tampilan fisik yang dimiliki. Selain itu pria tampan juga dianggap sebagai sosok yang kompeten dan dapat mengancam karir bagi pria lain.

Dr. Sun Young Lee selaku peneliti mengatakan bahwa terdapat kecenderungan seorang manager terpengaruh oleh stereotip dan merekrut pegawai berdasarkan keinginan pribadi sehingga perusahaan sering tidak mendapat sosok yang paling dibutuhkan. Ketidaksukaan terhadap pria tampan ini adalah salah satu stereotip yang dapat berbahaya bagi kelangsungan sebuah perusahaan tersebut.

Ketika penelitian ini diterapkan pada wanita, ternyata tidak berlaku hal yang sama seperti pada pria. Jadi bagi wanita wajah cantik dapat menjadi sebuah kelebihan di tempat kerja, sedangkan wajah tampan merupakan ancaman bagi karir seorang pria.

Sumber: merdeka.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Punya wajah tampan ternyata bisa hambat karir pria"

Posting Komentar